Rabu, 05 Oktober 2016

Observasi Pelayanan Publik

Pelayanan publik adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah di pusat, di daerah, dan lingkungan badan usaha milik negara maupun badan usaha milik daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang undangan
            Berdasarkan organisasi yang meyelenggarakannya, pelayanan publik atau pelayanan umun dapat dibagi menjadi  2 yaitu:
1.      Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh organisasi privat misalanya penyediaan barang atau jasa publik yang diselenggarakan oleh swasta seperti rumah sakit swasta, PTS, perusahaan pengangkutan milik swasta.
2.      Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh organisasi pubik. Yang dapat dibedakan lagi menjadi dua yaitu:
1. Yang bersifat primer adalah semua penyediaan barang atau jasa publik yang dikelola oleh pemerintah dan merupakan satu satunya pengguna/klien yang mau tidak mau harus memanfaatkan nya.
2. Yang bersifat sekunder adalah segala bentuk penyediaan barang/jasa publik yang diselenggarakan oleh pemerintah, tetapi yang di dalamnya pengguna tidak harus mempergunakannya karena adanya beberapa peyelenggara pelayanan
Undang-undang Pelayanan Publik (secara resmi bernama undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik) adalah undang-undang yang mengatur tentang prinsip-prinsip pemerintah yang baik yang merupakan efektifitas fungsi-fungsi pemerintahan itu sendiri. Pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah dapat memperkuat demokrasi dan hak asasi manusia, mempromosikan kemakmuran manusia, pemanfaatan sumber daya alam dan memperdalam kepercayaan pada peerintah dan administrasi.
Nah, sekarang saya akan bercerita mengenai hasil observasi yang saya lakukan kemarin di salah satu rumah sakit negeri di kabupaten tulungagung yang bernama RSUD Dr. Iskak Tulungagung. RSUD Dr. Iskak adalah salah satu lembaga yang dikelola oleh pemerintah daerah yang bertujuan bertujuan mewujudkan kesehatan masyarakat melalui pengembangan, kebijakan dan menejemen pembangunan kesehatan di wilayah tulungagung dan sekitarnya.
Jenis layanan yang disediakan oleh RSUD Dr. Iskak antara lain:
1.      Pelayanan kesehatan antara lain: Instalasi gawat darurat (IGD) semua fasilitas yang tersedia di IGD dirancang khusus sesuai dengan fungsinya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan emergency, instalasi rawat jalan, instalasi rawat inap, instalasi bedah sentral dan instalasi kamar bersalin.
2.      Pelayanan penunjang medis antara lain: instalasi patologi klinik, instalasi radiologi, instalasi farmasi, instalasi hehabilitasi medik, instalasi paraklinik dan instalasi bank darah rumah sakit.
3.      Pelayanan penunjan non medis,pelayanan pendidikan dan pelatihan, pelayanan penelitian dan pelayanan administrasi.
Sedangkan untuk motto yaitu mewujudkan misi antara lain: meningkatkan pelayanan kesehatan, meningkatkan kemudahan akses pelayanan dan mewujudkan rumah sakit yang berwawasan lingkungan dan tujuannya, RSUD Dr. Iskak menetapkan motto yaitu “kesembuhan dan keselamatan pasien adalah tujuanku”. Sarana yang dimiliki oleh RSUD Dr. Iskak antara lain: yang pertama adalah Sarana gedung, RSUD Dr. Iskak tulungagung saat ini memiliki gedung yang sanagat memadai untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat dan terus melakukan pembangunan. Yang kedua adalah Saranan peralatan, yang dimiliki oleh RSUD Dr. Iskak Tulungagung sangat baik dalam hal medis maupun non medis yang dari tahun ke tahun selalu bertambah. Dan yang terakhir adalah Fasilitas umum, yang ada di RSUD Dr. Iskak Tulungagung antara lain: masjid, ATM center, kantin, koperasi dan toilet umum. Pada saat saya melakukan observasi saya mewancarai beberapa orang dan mereka semua berpendapat puas akan pelayanan yang diberikan oleh RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Dan saya menemukan mereka yang menggunakan pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Iskak Tulungagung dengan menggunakan asuransi kesehatan dan yang tidak menggunakan asuransi saya juga sempat mewawancarai dan kesimpulannya pelayanan yang diberikan oleh RSUD Dr. Iskak Tulungagung sama adanya mereka profesional dalam menjalankan amanah dan tugas nya saya tidak menemukan hal janggal yang ada di RSUD Dr. Iskak Tulungagung semua pelayanan dan fasilitas penunjang sangat baik dan saya tidak menemukan pasien atau pengunjung yang mengeluh dengan pelayanan yang diberikan.
Perasaan saya ketika melakukan observasi di RSUD Dr. Iskak Tulungagung sangat senang karena ini merupakan pengalaman pertama saya melakukan observasi ditempat yang melibatkan pelayanan publik dan masyarakat. Saya banyak mendapatkan pelajaran mengenai pelayanan publik yang profesional,efisien, efektif, terbuka, sederhana, tepat waktu serta responsif dan juga tidak pandang bulu. Saya merasa apresiatif melihat para petugas yang bekerja tidak mengenal lelah dan sangat disiplin dalam menjalankan tugas dan amanah dalam upaya menyehatkan masyarakat. Mereka juga sangat ramah memberikan pelayanan serta perduli terhadap apa-apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dokter dan perawatnya pun ramah dan tidak segan menyapa pasien. Ketika saya sedang observasi saya juga merasa nyaman karena pada RSUD Dr. Iskak Tulungagung sarana dan prasarana sangatlah memadai. Saya juga menjadi tahu bagaimana perkembangan kemajuan fasilitas yang dimiliki RSUD Dr. Iskak Tulungagung serta penanganan medis yang cepat, handal dan terampil dengan ditunjang berbagai Macam jenis peralatan pembantu proses penyembuhan yang lengkap, memadahi dan canggih. Dan pada apotek obat-obatan yang diberikan adalah sesuai dengan standart.




1 komentar:

  1. Tulisanmu bagus dan lengkap. Teruslah berlatih agar semakin bagus.

    BalasHapus