Pelayanan
publik adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik
maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan
oleh instansi pemerintah di pusat, di daerah, dan lingkungan badan usaha milik
negara maupun badan usaha milik daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan
masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang
undangan
Berdasarkan organisasi yang
meyelenggarakannya, pelayanan publik atau pelayanan umun dapat dibagi
menjadi 2 yaitu:
1.
Pelayanan publik yang diselenggarakan
oleh organisasi privat misalanya penyediaan barang atau jasa publik yang
diselenggarakan oleh swasta seperti rumah sakit swasta, PTS, perusahaan
pengangkutan milik swasta.
2.
Pelayanan publik yang diselenggarakan
oleh organisasi pubik. Yang dapat dibedakan lagi menjadi dua yaitu:
1. Yang bersifat primer
adalah semua penyediaan barang atau jasa publik yang dikelola oleh pemerintah
dan merupakan satu satunya pengguna/klien yang mau tidak mau harus memanfaatkan
nya.
2. Yang bersifat sekunder adalah
segala bentuk penyediaan barang/jasa publik yang diselenggarakan oleh
pemerintah, tetapi yang di dalamnya pengguna tidak harus mempergunakannya
karena adanya beberapa peyelenggara pelayanan
Undang-undang
Pelayanan Publik (secara resmi bernama undang-undang Nomor 25 Tahun 2009
tentang Pelayanan Publik) adalah undang-undang yang mengatur tentang
prinsip-prinsip pemerintah yang baik yang merupakan efektifitas fungsi-fungsi
pemerintahan itu sendiri. Pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah dapat
memperkuat demokrasi dan hak asasi manusia, mempromosikan kemakmuran manusia,
pemanfaatan sumber daya alam dan memperdalam kepercayaan pada peerintah dan
administrasi.
Nah,
sekarang saya akan bercerita mengenai hasil observasi yang saya lakukan kemarin
di salah satu rumah sakit negeri di kabupaten tulungagung yang bernama RSUD Dr.
Iskak Tulungagung. RSUD Dr. Iskak adalah salah satu lembaga yang dikelola oleh
pemerintah daerah yang bertujuan bertujuan mewujudkan kesehatan masyarakat
melalui pengembangan, kebijakan dan menejemen pembangunan kesehatan di wilayah
tulungagung dan sekitarnya.
Jenis
layanan yang disediakan oleh RSUD Dr. Iskak antara lain:
1. Pelayanan
kesehatan antara lain: Instalasi gawat darurat (IGD) semua fasilitas yang
tersedia di IGD dirancang khusus sesuai dengan fungsinya untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat akan pelayanan emergency, instalasi rawat jalan, instalasi
rawat inap, instalasi bedah sentral dan instalasi kamar bersalin.
2. Pelayanan
penunjang medis antara lain: instalasi patologi klinik, instalasi radiologi, instalasi
farmasi, instalasi hehabilitasi medik, instalasi paraklinik dan instalasi bank
darah rumah sakit.
3. Pelayanan
penunjan non medis,pelayanan pendidikan dan pelatihan, pelayanan penelitian dan
pelayanan administrasi.
Sedangkan
untuk motto yaitu mewujudkan misi antara lain: meningkatkan pelayanan
kesehatan, meningkatkan kemudahan akses pelayanan dan mewujudkan rumah sakit
yang berwawasan lingkungan dan tujuannya, RSUD Dr. Iskak menetapkan motto yaitu
“kesembuhan dan keselamatan pasien adalah tujuanku”. Sarana yang dimiliki oleh
RSUD Dr. Iskak antara lain: yang pertama adalah Sarana gedung, RSUD Dr. Iskak
tulungagung saat ini memiliki gedung yang sanagat memadai untuk memberikan
pelayanan bagi masyarakat dan terus melakukan pembangunan. Yang kedua adalah Saranan
peralatan, yang dimiliki oleh RSUD Dr. Iskak Tulungagung sangat baik dalam hal
medis maupun non medis yang dari tahun ke tahun selalu bertambah. Dan yang terakhir
adalah Fasilitas umum, yang ada di RSUD Dr. Iskak Tulungagung antara lain:
masjid, ATM center, kantin, koperasi dan toilet umum. Pada saat saya melakukan
observasi saya mewancarai beberapa orang dan mereka semua berpendapat puas akan
pelayanan yang diberikan oleh RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Dan saya menemukan
mereka yang menggunakan pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Iskak Tulungagung
dengan menggunakan asuransi kesehatan dan yang tidak menggunakan asuransi saya
juga sempat mewawancarai dan kesimpulannya pelayanan yang diberikan oleh RSUD
Dr. Iskak Tulungagung sama adanya mereka profesional dalam menjalankan amanah
dan tugas nya saya tidak menemukan hal janggal yang ada di RSUD Dr. Iskak Tulungagung
semua pelayanan dan fasilitas penunjang sangat baik dan saya tidak menemukan
pasien atau pengunjung yang mengeluh dengan pelayanan yang diberikan.
Perasaan
saya ketika melakukan observasi di RSUD Dr. Iskak Tulungagung sangat senang karena
ini merupakan pengalaman pertama saya melakukan observasi ditempat yang
melibatkan pelayanan publik dan masyarakat. Saya banyak mendapatkan pelajaran mengenai
pelayanan publik yang profesional,efisien, efektif, terbuka, sederhana, tepat
waktu serta responsif dan juga tidak pandang bulu. Saya merasa apresiatif
melihat para petugas yang bekerja tidak mengenal lelah dan sangat disiplin
dalam menjalankan tugas dan amanah dalam upaya menyehatkan masyarakat. Mereka juga
sangat ramah memberikan pelayanan serta perduli terhadap apa-apa yang
dibutuhkan oleh masyarakat. Dokter dan perawatnya pun ramah dan tidak segan
menyapa pasien. Ketika saya sedang observasi saya juga merasa nyaman karena pada
RSUD Dr. Iskak Tulungagung sarana dan prasarana sangatlah memadai. Saya juga
menjadi tahu bagaimana perkembangan kemajuan fasilitas yang dimiliki RSUD Dr.
Iskak Tulungagung serta penanganan medis yang cepat, handal dan terampil dengan
ditunjang berbagai Macam jenis peralatan pembantu proses penyembuhan yang
lengkap, memadahi dan canggih. Dan pada apotek obat-obatan yang diberikan
adalah sesuai dengan standart.
Tulisanmu bagus dan lengkap. Teruslah berlatih agar semakin bagus.
BalasHapus